Forex Hari Ini: Pembicaraan stimulus AS dan Pulihnya Trump memicu optimism

5 Oktober 2020, 05:40

Inilah yang perlu Anda ketahui pada hari Selasa, 6 Oktober:

Selera risiko memimpin pada Senin ini setelah akhir pekan yang tegang dengan umpan berita yang dibanjiri berita utama terkait kesehatan Trump. Menjelang penutupan Wall Street, Presiden AS mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan rumah sakit di kemudian hari, karena dia merasa "20 tahun lebih muda." Trump menerima serangkaian obat eksperimental, dan tentu saja, memiliki pasukan dokter yang merawatnya. Sementara itu, jumlah penularan baru di antara staf Gedung Putih meroket.

Harapan bahwa Kongres AS akan mencapai kesepakatan pada putaran stimulus fiskal berikutnya juga mendukung sentimen pasar. Menteri Keuangan Mnuchin dan Ketua DPR Pelosi dilaporkan melakukan panggilan telepon untuk membahas masalah tersebut. Mereka akan melanjutkan negosiasi pada Selasa ini.

Pelaku pasar juga yakin bahwa Inggris dan UE dapat menyetujui kesepakatan perdagangan pasca-Brexit setelah otoritas dari kedua belah pihak sepakat untuk memperpanjang negosiasi hingga akhir bulan. Senin ini, mereka memulai putaran pembicaraan dua minggu, yang bertujuan untuk menemukan beberapa kesamaan tentang hak perikanan dan lapangan permainan yang setara, dua masalah paling relevan.

Pasangan EUR/USD diperdagangkan mendekati 1,1800 sementara GBP/USD mendekati 1,3000, karena mata uang Eropa adalah yang terbaik melawan greenback. Pasangan ini mundur sedikit menjelang penutupan tetapi menahan sebagian besar kenaikan intraday mereka.

Dolar Kanada membukukan kenaikan intraday sederhana, dibantu oleh kenaikan harga minyak mentah. Aussie, bagaimanapun, tetap dalam level yang familiar, menjelang keputusan kebijakan moneter RBA hari ini.

Wall Street ditutup dengan kenaikan substansial, dengan S&P mencapai tertinggi dalam hampir sebulan.

Emas melonjak di tengah melemahnya greenback, dan harapan lebih banyak stimulus datang dari AS. Logam cerah menetap di atas $ 1.910 per troy ounce, penyelesaian tertinggi dalam lebih dari dua minggu. Harga minyak mentah pulih didukung reli ekuitas, memangkas penurunan hari Jumat. WTI berakhir pada $ 39,30 per barel.

0 Comments